Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Settingan Konin Dengan Betina


Burung konin atau disebut dengan burung kolibri ninja yang berwarna cantik dan kicauan yang khas serta gaya yang menarik. Para pecinta burung kicau biasanya memelihara burung konin untuk dijadikan kicauan diteras ataupun dilombakan di daerah-daerahnya. Tetapi semakin hari semakin habisnya atau langkanya burung konin ini baik dihutan besar maupun hutan kecil yang ada di Indonesia, hal ini dikarenakan semakin banyaknya perburuan burung konin secara besar-besaran untuk dijual kembali dipasar burung atau ditoko burung. Dan menjadikan perburuan burung ini menjadi kerja tetap untuk pemikat burung di Indonesia.
Tetapi dari manusia yang terus mengambil atau memikat burung konin secara besar-besaran. Tidak sedikit sebagian manusia juga ada yang mulai membudidayakan burung konin ini. Dengan ketulusan hatinya ia mau melestarikan burung khas Indonesia yang mulai punah ini. Dengan sedikit demi sedikit mereka jalani dan akhirnya menjadikan kesuksesan untuk membudidayakannya. Tetapi jika burung konin di jodohkan atau di budidayakan akan mempengarui sang jantan, baik kekurangannya maupun kelebihannya.
Ketika memasuki usia dewasa semua makhluk hidup akan mengalami perubahan baik secara psikis, penampakan fisik maupun dari sisi metabolisme. Pada konin mungkin secara psikis akan timbul rasa percaya diri, dominan dan ingin memiliki daerah teritorial serta pasangan sendiri. Sedangkan penampilan fisik bisa dilihat dengan tampilan bulu yang mengkilat dan eksotis beda dengan bulu mudanya yang tujuannya juga untuk mencari pasangan. Secara metabolisme tentu saja mulai muncul hormon-hormon yang mengatur kejantanannya, reproduksinya , serta mengatur perubahan fisiknya. Untuk kelebihan dan kekurungan burung konin yang menggunakan settingan burung konin betina antara lain sebagai berikut ini.
Kekurangannya:
  • Mungkin tidak langsung membuat konin bisa ngobra, hal ini yang yang dipercaya pecinta konin sebagai satu hal yang mutlak bagi seekor konin. Tetapi berdasarkan pengalaman selama gantang juga pernah ngobra jika pada kondisi yang optimal baik tingkat birahi juga cuaca yang mendukung. Tetapi kalau ngobra tidak bisa nagen satu titik, mainnya selalu naik turun tangkringannya.
  • Kedua perlu dicari waktu untuk memisah betina sebelum digantang dan itu sifatnya fleksibel tidak konstan. Sebagai contoh konin diawal dulu pisah betinannya dirumah, seiring berjalannya waktu semakin bocor dan gembos saat digantang. Selanjutnya dipisah lima sesi sebelum gantang hingga diakhirnya bergerak kesatu sesi sebelum gantang. Kembali lagi kuncinya adalah kedekatan kita terhadap burung konin peliharaan kita untuk melihat hal itu.
  • Jangan memakai konin betina saat mengechas atau mencharge konin jantan lain, apalagi dihadapan konin jantan pasangannya, karena konin jantan sifatnya pecemburu.

Kelebihannya:
  • Tingkat birahi konin lebih stabil, fluktuasi (naik turunnya)  tidak ekstrim. Konin dengan settingan betina lebih mudah dicari karakternya karena tingkat birahi sudah stabil.
  • Konin lebih diharapkan bernyanyi saat digantang. Mungkin kalau dibahasakan mereka berusaha memanggil pasangannya atau bahkan bercerita kepada konin lainnya sambil membanggakan diri bahwa dia memiliki pasangan.
  • Konin lebih mudah untuk anteng di tangkringan, karena faktor birahi sudah stabil maka mereka tidak akan galak. Faktor yang menunjang supayakonin nagen adalah lamanya waktu penggantungan dipinggir setelah buka kerodong. 
  • Konin lebih mudah untuk di mastering, karena seperti kita pahami bersama bahwa saat pemasteran yang paling baik adalah saat burung dalam kondisi diam tenang sehingga maksimal saat mendengar dan merekam.
  • Konin tidak bocor, apalagi stress diperjalanan menuju perlombaan kicau burung itu sendiri.
  • Konin tidak kedinginan jika harus dibawa dengan kendaraan berAC, karena seperti diketahui bahwa burung secara alami akan tidur berdempetan dengan pasangannya untuk mengurangi efek suhu dingin.
  • Kalau nau breeding atau berbudidaya tinggal siapkan sarang dan bahan seratnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada anda mengenai kekurangan dan kelebihan menggunakan settingan burung betina. Semoga bermanfaat dan membantu permasalahan anda dengan burung konin anda. Jangan lupa baca terus artikel yang saya berikan, dan jangan lupa share kembali supaya bermanfaat. Bila ada salah dan kurangnnya saya mohon maaf dan bisa komentar dibawah. Sekian dan terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membedakan Burung Kolibri Sepah Raja Jantan dan Betina

Burung sepah raja nama yang unik seperti nama seoarang raja. Tapi ini burung lohya bukan orang yang mempunyai jabatan sebagai raja. Mungkin burung yang memiliki postur tubuh burung ini yang besar dari jenis-jenisnya, tetapi memiliki warna yang cantik dan menarik menjadikan alasan burung ini di namakan burung sepah raja. Burung yang cantik ini juga termasuk burung penghisap nektar lohya bukan penghisap darah. Burung sepah raja termasuk burung kolibri yang memiliki warna cantik, selain itu juga memiliki nyanyian yang sangat menarik dan sangat indah di dengarkan oleh telinga. Dengan kicaunya yang indah dan warna yang cantik itu membuat para pecinta kicauan burung memelihara burung ini. Selain ingin memelihara karena keindahanya suara dan warna bulunya buring ini juga bisa di buat masteran atau guru vokal untuk burung lainya. Untuk membedakannya mana yang jantan dan mana yang betina sebenarnya cukup mudah bila burung itu sendiri sudah menginjak usia dewasa. Dengan melihat warna bulu

Cara Membedakan Burung Kolibri Manggar Jantan dan Betina

Kolibri manggar juga punya nama lain yaitu kolibri kelapa. Nama kolibri kelapa di ambil karena burung kolibri manggar ini sering terlihat di pepohonan kelapa. Burung ini biasa tinggal di perkebunan kelapa, di pekarangan, dan di tepi-tepi hutan. Burung kolibri manggar biasa menghisap nektar atau madu sebagai makanan utamanya. Dan untuk makanan tambahan bisa dengan pisang, ulet kecil, maupun serangga kecil yang ada di pepohonan-pepohonan ia tinggal. Kalau anda ingin memelihara anda bisa mengganti nektar dengan air gula sebagai penggantinya. Untuk membedakannya sebenarnya cukup mudah, dengan melihat warnanya saja kita bisa membedakanya mana yang jantan dan mana yang betina untuk burung yang sudah dewasa. Sedangkan untuk yang masih muda dan anakan anda bisa melihat warna bulu maupun warna pangkal paruh yang oren atau merah pekat. Ciri-ciri kolibri manggar jantan: Warna kepala sampai punggung identik dengan warna hijau kebiruan dengan warna yang mengkilau. Paruh yang tebal dan

Cara Membedakan Burung King Konin Jantan dan Betina

Burung king konin atau king kolibri ninja ini sangat sudah sulit di temui karena sudah banyak sekali orang yang mengambil dari hutan yang cukup lumayan banyak. Untuk di jadikan peliharaan maupun untuk di jual kepada pengepul burung. Burung king konin terdapat di pulau sumatra dan kalimantan dimana di sana merupakan tempat tinggalnya yang masih banyak hutan dan masih alami. Dan burung ini tidak beda dengan kolibri lainya yaitu menghisap nektar atau madu. Selain menghisap madu atau nektar kalau anda mau memelihara anda bisa mengganti dengan air gula maupun air susu sebagai makanan pokoknya. Dan burung ini makan makanan tambahan seperti ulat kecil dan serangga kecil untuk memenuhi kebutuhannya. Ukuran burung king konin lebih besar dari kolibri ninja. Besarnya sekitar 13 cm seperti burung kolibri manggar. Burung ini memiliki suara yang bagus dan warna yang cantik untuk king konin jantan. Beda dengan king konin betina yang warnanya hijau atau abu-abu pudar. Maka dari itu saya akan me