Skip to main content

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Bakalan Supaya Cepat Buka Paruh


    Butung cucak ijo adalah burung yang sangat digemari oleh pecinta kicau mania dengan warna bulunya yang menarik mati dan juga kicauan burung cucak ijo ini yang sangat menarik telinga, hingga akhirnya menarik hati pecinta kicau mania untuk memelihara burung ini. Dari kaum muda hingga tua semua berlomba-lomba untuk memelihara burung ini, sebagian untuk tunggu rumah dan sebagian untuk dilombakan sebagai hobi.
    Pecinta kicau mania lebih memilih burung cucak ijo yang masih bakalan atau masih muda karena harganya yang lebih murah dari burung cucak ijo yang sudah jadi. Dan jika kita memelihara dari bakalan kita bisa mengetahui karakteristik burung itu sendiri. Dan kita bisa lebih tau bagaimana menyettingnya agar mau buka paruh atau berkicau.
    Anda bisa melihat sendiri burung cucak ijo memiliki kicauan yang sangat merdu. Untuk membuat burung cucak ijo anda menjadi gacor perlulah perawatan yang baik, benar dan konsisten. Karena perawatan yang baik, benar dan konsisten membuat burung cucak ijo anda juga lebih terasa senanga dan nyaman. Sehingga burung cucak ijo anda mau buka paruh. Hal yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut ini.
1. Penjinakan, yang perlu anda lakukan merawat burung cucak ijo yangmasih bakalan adalah melakukan penjinakan lebih dahulu untuk burung yang masih giras. Karena dengan penjinakan burung anda akan lebih terasa berani berkicau dan tidak canggung kalau ada manusia yang ada di sekitarnya. Anda bisa melakukan penjinakan dengan memandikan burung anda dengan cara disemprot atau dengan keramba, dan bisa dilakukan dalam sehari dengan dua kali.
    Selain dengan memandikan burung anda juga bisa menjinakan burung dengan cara sehabis memandikan cantolksn burung anda ketempat yang ramai. Anda bisa mencantolkan dipinggir jalan, dipasar, dan dimana-mana yang terprnting tempat yang ramai. Sebab kalau burung cucak ijo anda jinak akan lebih mudah untuk buka paruhnya.
2. Penjemuran, untuk penjemuran lakukan dengan rutin setiap habis memandikan burung cucak ijo anda. Anda bisa menjemur burung cucak ijo anda pada waktu pagi hari yaitu dari jam 08.00 pagi sampai jam 10.30 maksimalnya. Dan bisa menjemur pada sore hari juga. Penjemuran juga mempengaruhi faktor kesehatan dan kicaunya. Burung yang sering dijemur dan tidak berlebihan akan membuat burung menjadi sehat dan semangat berkicau.
3. Makanan, yang kedua yang perlu anda perhatikan adalah faktor makanan, karena faktor makanan bisa memengaruhi kesehatan burung dan kinerja burung untuk tetap konsisten bunyi. Anda bisa memberikan buah-buahan seperti pisang kepok dan serangga kecil dan ulat seperti jangkrik dan ulat hongkong ataupun ulat kandang, tetapi yang lebih diutamakan adalah ulat hongkong. Dengan pemberian pakanan yang konsisten akan membuat burung menjadi rajin berkicau.
4. Pemasteran, dengan pemasteran yang rutin akan membuat burung anda menjadi mudah ingatannya dan akan menjadi modal bervariasinya kicauan burung anda. Dan menjadikan kepercayaan diri burung cucak ijo anda saat berkicau bahkan saat dilombakan. Anda bisa memasteri burung anda pada saat pagi, siang, sore bahkan malam sekalipun karena memasteri tidak kenal batas untuk membuat burung cucak ijo lebih mudah mengingatnya.
    Karakter suara burung cucak ijo yang masih muda itu bisa dibentuk jika kita rutin dalam memasterinya. Kita bisa memasteri dengan suara mikrofon atau bisa dengan burung pemaster aslinya. Pada saat dimasteri burung cucak ijo akan mengingat dan mengolah-olah suara pemaster yang didengarnya, kemudian dipelajari dan dikeluarkan lewat suara ngriwiknya. Setelah dewasa atau sudah mapan, suara itupan akan dibawakannya dengan cukup kencang dan ngeplong.
    Setelah menjadi burung cucak ijo dewasa, ditandai dengan munculnya bulu-bulu hitam yang ada dibulu bagian atas mata sampai keleher. Maka perawatan burung cucak ijo perlu diperhatikan dan harus ditingkatkan. Karena burung yang sudah nopeng ini birahinya yang mudah naik dan turun. Sehingga harus dilakukan sedikit perubahandalam hal pemberian pakan tambahannya yang terutam jangkrik. Anda harus mencari settingan yang pas yang bisa membuat burung anda tetap rajin bunyi.
    Mungkin itu saja tips-tips yang yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa membantu anda dalam merawat burung cucak ijo bakalan supaya cepat buka paruh. Semoga bermanfaat dan berguan bagi anda semua. Jika ada kurangnya saya mohon maaf. Sekian dan terimakasih, wasalamualaikum wr.wb, homswastyastu, salam sejahtera.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membedakan Burung Kolibri Sepah Raja Jantan dan Betina

Burung sepah raja nama yang unik seperti nama seoarang raja. Tapi ini burung lohya bukan orang yang mempunyai jabatan sebagai raja. Mungkin burung yang memiliki postur tubuh burung ini yang besar dari jenis-jenisnya, tetapi memiliki warna yang cantik dan menarik menjadikan alasan burung ini di namakan burung sepah raja. Burung yang cantik ini juga termasuk burung penghisap nektar lohya bukan penghisap darah. Burung sepah raja termasuk burung kolibri yang memiliki warna cantik, selain itu juga memiliki nyanyian yang sangat menarik dan sangat indah di dengarkan oleh telinga. Dengan kicaunya yang indah dan warna yang cantik itu membuat para pecinta kicauan burung memelihara burung ini. Selain ingin memelihara karena keindahanya suara dan warna bulunya buring ini juga bisa di buat masteran atau guru vokal untuk burung lainya. Untuk membedakannya mana yang jantan dan mana yang betina sebenarnya cukup mudah bila burung itu sendiri sudah menginjak usia dewasa. Dengan melihat warna bulu

Cara Membedakan Burung Kolibri Manggar Jantan dan Betina

Kolibri manggar juga punya nama lain yaitu kolibri kelapa. Nama kolibri kelapa di ambil karena burung kolibri manggar ini sering terlihat di pepohonan kelapa. Burung ini biasa tinggal di perkebunan kelapa, di pekarangan, dan di tepi-tepi hutan. Burung kolibri manggar biasa menghisap nektar atau madu sebagai makanan utamanya. Dan untuk makanan tambahan bisa dengan pisang, ulet kecil, maupun serangga kecil yang ada di pepohonan-pepohonan ia tinggal. Kalau anda ingin memelihara anda bisa mengganti nektar dengan air gula sebagai penggantinya. Untuk membedakannya sebenarnya cukup mudah, dengan melihat warnanya saja kita bisa membedakanya mana yang jantan dan mana yang betina untuk burung yang sudah dewasa. Sedangkan untuk yang masih muda dan anakan anda bisa melihat warna bulu maupun warna pangkal paruh yang oren atau merah pekat. Ciri-ciri kolibri manggar jantan: Warna kepala sampai punggung identik dengan warna hijau kebiruan dengan warna yang mengkilau. Paruh yang tebal dan

Cara Membedakan Burung King Konin Jantan dan Betina

Burung king konin atau king kolibri ninja ini sangat sudah sulit di temui karena sudah banyak sekali orang yang mengambil dari hutan yang cukup lumayan banyak. Untuk di jadikan peliharaan maupun untuk di jual kepada pengepul burung. Burung king konin terdapat di pulau sumatra dan kalimantan dimana di sana merupakan tempat tinggalnya yang masih banyak hutan dan masih alami. Dan burung ini tidak beda dengan kolibri lainya yaitu menghisap nektar atau madu. Selain menghisap madu atau nektar kalau anda mau memelihara anda bisa mengganti dengan air gula maupun air susu sebagai makanan pokoknya. Dan burung ini makan makanan tambahan seperti ulat kecil dan serangga kecil untuk memenuhi kebutuhannya. Ukuran burung king konin lebih besar dari kolibri ninja. Besarnya sekitar 13 cm seperti burung kolibri manggar. Burung ini memiliki suara yang bagus dan warna yang cantik untuk king konin jantan. Beda dengan king konin betina yang warnanya hijau atau abu-abu pudar. Maka dari itu saya akan me