Skip to main content

Cara Mudah Merawat Burung Kacer


Di alam liar burung ini lumayan banyak terutama di pulau jawa. Dan sekarang burung ini termasuk burung yang di lindungi karena adanya penangkapan burung yang meraja lela. Kepunahan itu sendiri di akibatkan karena hutan yang mulai gundul dan penangkapan burung yang sangat banyak. Maka dari itu kita harus melestarikan burung kacer yang sudah mulai punah.

Burung kacer adalah burung yang sangat merdu suaranya. Dengan kicaunya yang sangat indah dan cara berkicau dengan bergaya ngobra, maksutnya berkicau dengan berdiri tegap, ekor mekar dan sayapnya yang melebar. Hal ini menjadikan ketertarikan sendiri untuk pecinta kicau burung.

Jika anda ingin memelihara burung kacer sebaiknya peliharalah dari anakan atau dari lolohan. Karena jika besar ia tak canggung mengeluarkan kicaunya dan gayanya, dari arti lain tidak takut dengan manusia. Sedangkan memelihara dari bakalan atau tangkapan dari alam, otomatis burung ini masih takut dengan manusia dan membutuhkan waktu lama untuk membuat burung kacer ini berkicau.

Untuk memelihara burung ini di rumah supaya nyaman di pelihara dan supaya cepat berkicau butuh perawatan-perawatan yang benar dan konsisten. Ada beberapa faktor yang bisa membuat nyaman burung ini. Faktor sangkar yang pas, sangkar yang bersih, makanan, minuman, pemandian,penjemuran,makanan tambahan. Maksutnya sebagai berikut:


  1. Sangkar yang pas, maksutnya sangkar yang pas itu sangkar yang sesuai dengan ukuran burungnya. Misalnya burung yang kecil bisa di masukan ke sangkar yang kecil, burung besar bisa di masukan sangkar yang besar.
  2. Sangkar yang bersih, maksutnya sangkar yang bersih dari kotoran-kotoran yang masih menumpuk di sangkar bagian bawah. Dan bersihkan setiap hari.
  3. Makanan, maksutnya untuk makanan anda bisa memberi voer yang ada di toko-toko burung di sekitar anda.
  4. Makanan tambahan, anda bisa memberi makanan tambahan seperti ulat, jangkrik, kroto, dll.
  5. Minuman, minuman yang sehat jika air di ganti setiap hari dan bersihkan dari kotoran maupun lumut yang menempel di wadah minuman.
  6. Pemandian, pemandian membuat burung menjadi segar dan membuat burung menjadi rajin berkicau, selain itu membuat burung menjadi jinak untuk burung bakalan.
  7. Penjemuran, penjemuran hal wajib yang di berikan kepada burung anda supaya burung tetap sehat dan kondisi fit.


Itulah faktor penting dalam memelihara burung-burung anda di rumah, terutama burung kacer. Dan saya akan memberi setelan atau pola perawatan burung kacer untuk sehari-hari yang mudah, antara lain sebagai berikut ini.

  • Jam 05.00 pagi anda bisa mengeluarkam burung ini di teras rumah anda atau biasa di sebut dengan pengembunan.
  • Jam 07.00 mandikan burung anda dengan semprotan seprai yang halus supaya segar lalu angin-anginkan.
  • Jam 07.30 jemur burung anda supaya dapat kehangatan dan kesehatan badan jangan lupa mengganti air minum, di beri voer, dan di beri makanan tambahan.
  • Jam 10.00 angkat burung anda dan angin-anginkan di teras rumah.
  • Jam 12.00 anda bisa mengkrodong burung anda dengan memasteri suara burung lain.
  • Jam 15.00 buka krodongnya dan anda bisa memandikan burung anda atau bisa langsung di angin-anginkan di teras.
  • Jam 16.00 kasih lagi makanan tambahan.
  • Jam 17.00 krodong kembali dan masukan ke dalam rumah dann anda bisa memasteri burung anda kembali.
  • Ulangi lagi dari awal.
Perwatan yang cukup mudah dan cocok untuk di terapkan di burung anda di rumah. Dan cukup sekian informasi dan tips-tips dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Jika ada salah dan kurangnya saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Membedakan Burung Kolibri Sepah Raja Jantan dan Betina

Burung sepah raja nama yang unik seperti nama seoarang raja. Tapi ini burung lohya bukan orang yang mempunyai jabatan sebagai raja. Mungkin burung yang memiliki postur tubuh burung ini yang besar dari jenis-jenisnya, tetapi memiliki warna yang cantik dan menarik menjadikan alasan burung ini di namakan burung sepah raja. Burung yang cantik ini juga termasuk burung penghisap nektar lohya bukan penghisap darah. Burung sepah raja termasuk burung kolibri yang memiliki warna cantik, selain itu juga memiliki nyanyian yang sangat menarik dan sangat indah di dengarkan oleh telinga. Dengan kicaunya yang indah dan warna yang cantik itu membuat para pecinta kicauan burung memelihara burung ini. Selain ingin memelihara karena keindahanya suara dan warna bulunya buring ini juga bisa di buat masteran atau guru vokal untuk burung lainya. Untuk membedakannya mana yang jantan dan mana yang betina sebenarnya cukup mudah bila burung itu sendiri sudah menginjak usia dewasa. Dengan melihat warna bulu

Cara Membedakan Burung Kolibri Manggar Jantan dan Betina

Kolibri manggar juga punya nama lain yaitu kolibri kelapa. Nama kolibri kelapa di ambil karena burung kolibri manggar ini sering terlihat di pepohonan kelapa. Burung ini biasa tinggal di perkebunan kelapa, di pekarangan, dan di tepi-tepi hutan. Burung kolibri manggar biasa menghisap nektar atau madu sebagai makanan utamanya. Dan untuk makanan tambahan bisa dengan pisang, ulet kecil, maupun serangga kecil yang ada di pepohonan-pepohonan ia tinggal. Kalau anda ingin memelihara anda bisa mengganti nektar dengan air gula sebagai penggantinya. Untuk membedakannya sebenarnya cukup mudah, dengan melihat warnanya saja kita bisa membedakanya mana yang jantan dan mana yang betina untuk burung yang sudah dewasa. Sedangkan untuk yang masih muda dan anakan anda bisa melihat warna bulu maupun warna pangkal paruh yang oren atau merah pekat. Ciri-ciri kolibri manggar jantan: Warna kepala sampai punggung identik dengan warna hijau kebiruan dengan warna yang mengkilau. Paruh yang tebal dan

Cara Membedakan Burung King Konin Jantan dan Betina

Burung king konin atau king kolibri ninja ini sangat sudah sulit di temui karena sudah banyak sekali orang yang mengambil dari hutan yang cukup lumayan banyak. Untuk di jadikan peliharaan maupun untuk di jual kepada pengepul burung. Burung king konin terdapat di pulau sumatra dan kalimantan dimana di sana merupakan tempat tinggalnya yang masih banyak hutan dan masih alami. Dan burung ini tidak beda dengan kolibri lainya yaitu menghisap nektar atau madu. Selain menghisap madu atau nektar kalau anda mau memelihara anda bisa mengganti dengan air gula maupun air susu sebagai makanan pokoknya. Dan burung ini makan makanan tambahan seperti ulat kecil dan serangga kecil untuk memenuhi kebutuhannya. Ukuran burung king konin lebih besar dari kolibri ninja. Besarnya sekitar 13 cm seperti burung kolibri manggar. Burung ini memiliki suara yang bagus dan warna yang cantik untuk king konin jantan. Beda dengan king konin betina yang warnanya hijau atau abu-abu pudar. Maka dari itu saya akan me