Skip to main content

Cara Membedakan Burung Kacer Dada Putih Jantan dan Betina

Burung kacer yang memiliki gaya khas ngobra ini merupakan burung yang fighter atau mempertahankan tempat tinggalnya. Biasanya yang menguasai atau mempertahankan wilayahnya adalah burung jantan. Burung ini rela bertarung dengan burung kacer lain yang berada di wilayahnya.

Untuk membedakan burung kacer dada putih jantan dan betina sebenarnya cukup mudah. Di lihat dari tampilan fisik maupun tingkahnya. Di lihat dari fisik biasanya di lihat dari postur tubuh ataupun dengan warna bulu yang sangat berbeda. Selain itu kacer dada putih yang jantan aktif bergerak, sedangkan yang betina biasanya males bergerak.

Sedangkan membedakan burung kacer dada putih anakan atau masih trotol mana yang jantan dan mana yang betina gampang-gampang susah. Karena warna bulunya yang belum terlihat jelas. Untuk itu membutuhkan pengalaman atau insting kuat untuk memprediksikannya.

Jika anda masih pemula atau masih baru memelihara burung kacer, sebaiknya anda membeli yang sudah terlihat jantan untuk mengurangi resiko salah pilih burung. Dan nanti kalau sudah lama memelihara atau sudah mendalami dan mengenal burung kacer anda akan tau sendiri untuk membedaknya.

Nah langsung saja kita membahas cara membedakanya. Sebelum membedakan jantan dan betina untuk yang dewasa, alangkah baiknya kita membahas burung kacer dada putih yang masih anakan atau trotolan. Ciri-cirinya antara lain sebagai berikut ini.

Ciri-ciri burung kacer jantan trotolan atau anakan:


  • Kepala lebih besar atau cepak.
  • Paruh lebih tebal.
  • Warna bulu lebih tegas.
  • Warna bulu dada ada semburat-semburat warna hitam.
  • Postur tubuh langsing dan tegap.
  • Duburnya lebih panjang atau menonjol.
Ciri-ciri burung kacer betina trotolan atau anakan:

  • Kepala lebih kecil atau lonjong.
  • Paruh lebih tipis.
  • Warna bulu lebih pudar.
  • Warna bulu dada abu-abu.
  • Postur tubuh bulat dan membungkuk.
  • Duburnya lebih pendek.
Ciri di atas untuk burung kacer dada putih yang masih trotolan atau anakan. Sedangkan untuk burung kacer dewasa dada putih jantan dan betina ciri-cirinya antara lain sebagai berikut ini.
Ciri-ciri burung kacer jantan dewasa:

  • Kepala lebih besar dan cepak.
  • Paruh tebal dan warnanya hitam pekat.
  • Postur tubuh lebih langsing dan tegap.
  • Warna bulu lebih tajam.
  • Warna bulu dada berwarna hitam pekat.
  • Kicaunya bervariasi dan aktif berkicau.
  • Duburnya panjang.
Ciri-ciri burung kacer betina dewasa:

  • Kepala lebih kecil dan lonjong.
  • Paruh tipis dan bawah paruh berwarna agak terang.
  • Postur tubuh lebih bulat dan bungkuk.
  • Warna bulu sedikit pudar.
  • Warna bulu dada berwarna abu-abu.
  • Kicaunya tidak bervariasi dan tidak aktif berkicau.
  • Duburnya pendek.
Ciri-ciri di atas adalah cara untuk membedakan burung kacer dada putih mana yang jantan dan mana yang betina. Ciri di atas merupakan ciri dasar untuk membedakannya. Untuk mengenal lebih dalamnya anda bisa menggali ilmu sendiri dengan memeliharanya dan jangan canggung untuk bertanya bila belum mengerti.

Cukup mudah untuk membedakanya, dan jangan berhenti untuk belajar. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Dan semoga anda terbantu oleh artikel ini. Jangan lupa share kawan. Kalau ada salah dan kurangnya saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membedakan Burung Kolibri Sepah Raja Jantan dan Betina

Burung sepah raja nama yang unik seperti nama seoarang raja. Tapi ini burung lohya bukan orang yang mempunyai jabatan sebagai raja. Mungkin burung yang memiliki postur tubuh burung ini yang besar dari jenis-jenisnya, tetapi memiliki warna yang cantik dan menarik menjadikan alasan burung ini di namakan burung sepah raja. Burung yang cantik ini juga termasuk burung penghisap nektar lohya bukan penghisap darah. Burung sepah raja termasuk burung kolibri yang memiliki warna cantik, selain itu juga memiliki nyanyian yang sangat menarik dan sangat indah di dengarkan oleh telinga. Dengan kicaunya yang indah dan warna yang cantik itu membuat para pecinta kicauan burung memelihara burung ini. Selain ingin memelihara karena keindahanya suara dan warna bulunya buring ini juga bisa di buat masteran atau guru vokal untuk burung lainya. Untuk membedakannya mana yang jantan dan mana yang betina sebenarnya cukup mudah bila burung itu sendiri sudah menginjak usia dewasa. Dengan melihat warna bulu

Cara Membedakan Burung Kolibri Manggar Jantan dan Betina

Kolibri manggar juga punya nama lain yaitu kolibri kelapa. Nama kolibri kelapa di ambil karena burung kolibri manggar ini sering terlihat di pepohonan kelapa. Burung ini biasa tinggal di perkebunan kelapa, di pekarangan, dan di tepi-tepi hutan. Burung kolibri manggar biasa menghisap nektar atau madu sebagai makanan utamanya. Dan untuk makanan tambahan bisa dengan pisang, ulet kecil, maupun serangga kecil yang ada di pepohonan-pepohonan ia tinggal. Kalau anda ingin memelihara anda bisa mengganti nektar dengan air gula sebagai penggantinya. Untuk membedakannya sebenarnya cukup mudah, dengan melihat warnanya saja kita bisa membedakanya mana yang jantan dan mana yang betina untuk burung yang sudah dewasa. Sedangkan untuk yang masih muda dan anakan anda bisa melihat warna bulu maupun warna pangkal paruh yang oren atau merah pekat. Ciri-ciri kolibri manggar jantan: Warna kepala sampai punggung identik dengan warna hijau kebiruan dengan warna yang mengkilau. Paruh yang tebal dan

Cara Membedakan Burung King Konin Jantan dan Betina

Burung king konin atau king kolibri ninja ini sangat sudah sulit di temui karena sudah banyak sekali orang yang mengambil dari hutan yang cukup lumayan banyak. Untuk di jadikan peliharaan maupun untuk di jual kepada pengepul burung. Burung king konin terdapat di pulau sumatra dan kalimantan dimana di sana merupakan tempat tinggalnya yang masih banyak hutan dan masih alami. Dan burung ini tidak beda dengan kolibri lainya yaitu menghisap nektar atau madu. Selain menghisap madu atau nektar kalau anda mau memelihara anda bisa mengganti dengan air gula maupun air susu sebagai makanan pokoknya. Dan burung ini makan makanan tambahan seperti ulat kecil dan serangga kecil untuk memenuhi kebutuhannya. Ukuran burung king konin lebih besar dari kolibri ninja. Besarnya sekitar 13 cm seperti burung kolibri manggar. Burung ini memiliki suara yang bagus dan warna yang cantik untuk king konin jantan. Beda dengan king konin betina yang warnanya hijau atau abu-abu pudar. Maka dari itu saya akan me