Skip to main content

Jenis-Jenis Burung prenjak

Semua kicau mania pasti gak asing lagi kalau mendengar kata-kata burung prenjak atau di sebut juga dengan burung cimblek. Burung prenjak adalah burung yang memiliki postur badan kecil. Biasanya di hutan atau di kebun burung prenjak memakan serangga-serangga kecil, ulat, maupun laba-laba yang kecil.

Burung prenjak juga memiliki suara yang keras dan monoton. Suara yang keras dan monoton pada burung prenjak biasa juga di sebut dengan sebutan ngebren. Banyak penghobi burung yang memiliki burung prenjak ini. Dengan alasan untuk di jadikan master atau guru vokal bagi burung lainya. Bahkan banyak juga dengan memelihara burung prenjak untuk di jadikan perlombaan.

Tidak sulit untuk memiliki burung prenjak. Kalau di desa lumayan banyak burung prenjak, tetapi banyak juga orang-orang yang memikat atau mencari burung ini dengan jumlah yang tidak sedikit dengan alasan ekonomi. Anda bisa mencari burung prenjak tetapi jangan berlebihan untuk menjaga populasi dan kelestarian burung prenjak itu sendiri.

Dan di sini saya akan memberi penjelasan contoh jenis-jenis burung prenjak antara lain burung prenjak kepala merah, burung prenjak lumut, burung prenjak pari/padi, burung prenjak gunung, burung prenjak meong, dan burung prenjak pagar. Langsung saja jenis-jenis burung prenjak dan contohnya:

Burung prenjak kepala merah:




Burung prenjak kepala merah memiliki ukuran badan sampai ekor kurang lebih 8-12cm. Dengan badan atas memiliki warna hitam kecoklatan ada hijau-hijaunya, badan bagian bawah berwarna putih kekuning-kuningan. Untuk yang jantan bagian leher berwarna hitam pekat ke abu-abuan, sedangkan yang betina berwarna kekuning-kuningan dan abu-abu pudar. Burung prenjak ini memiliki ciri khas yaitu dengan kepala berwarna merah. Burung prenjak kepala merah ini tinggal di perkarangan rumah, kebun, maupun hutan. Makanan burung ini adalah ulat dan serangga kecil. Burung ini memiliki suara yang keras tetapi ya monoton. Suara jantan adalah "prenjak-prenjak" dan suara betina "cemplir-cemplir". Untuk informasi lebih lanjut bagaimana cara membedakan burung prenjak kepala merah yang jantan dan yang betina klik disini.

Burung prenjak lumut:




Burung prenjak lumut memiliki ukuran sama dengan burung prenjak kepala merah, tetapi beda warna dan suaranya. Warna burung prenjak lumut tidak jauh dari kata lumut yang berwarna hijau. Warna tubuh bagian atas adalah hijau tua sedangkan tubuh bagian bawah berwarna putih, bagian kepala berwarna merah tua, warna ekor kecoklat-coklatan. Burung ini sangat berani tinggal di perkarangan rumah terutama di pohon bambu. Makanan burung ini sama dengan burung prenjak kepala merah yaitu serangga kecil dan ulat.

Burung prenjak padi:



Burung prenjak padi ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang dari prenjak lumut ataupun prenjak kepala merah. Dengan ukuran kepala sampai ekor 10-15 cm.  Burung prenjak padi ini memiliki tubuh bagian atas berwarna hitam ke abu-abuan, bagian tubuh bawah berwarna putih, bagian ekor berwarna hitam ke abu-abuan. Dan tidak jauh dari ciri khas burung prenjak padi yaitu memiliki alis berwarna putih di atas matanya. Tidak jantan tidak betina sama-sama memiliki alis berwarna putih. Burung prenjak padi ini ya pasti tinggal di persawahan. Biasa memakan ulat dan serangga kecil. Burung yang memiliki suara monoton ini yang berbunyi "klik-klik-klik".

Burung prenjak gunung:


Burung prenjak gunung memiliki badan lebih besar dan panjang di bandingkan burung prenjak yang lainya. Sebenarnya panjang ukurannya sama dengan burung prenjak padi yaitu 10-15 cm. Namun burung ini kelihatan sangat gemuk. Dengan bagian tubuh bagian atas berwarna kecoklat-coklatan, bagian tubuh bawah berwarna putih kecoklat-coklatan, ekor kecoklat-coklatan, kepala memiliki alis, dan kepala berwarna coklat dengan garis-garis hitam di kepalanya. Burung ini biasa tinggal di daerah pegunungan atau hutan. Burung ini memiliki suara "cikrek-cikrek".

Burung prenjak meong:



Burung yang memiliki ukuran yang sama dengan burung prenjak padi yaitu memiliki panjang 10-15 cm. Bagian tubuh atas berwarna hitam ke abu-abuan, bagian bawah berwarna kuning. Burung ini biasa tinggal di perkebunan terutama di lahan yang ada tanaman tebunya. Sama burung prenjak lainya makananya adalah ulat dan serangga kecil. Burung ini memiliki suara " meong-meong" makanya di namakan prenjak meong.

Burung prenjak kebun:



Burung prenjak kebun nama yang tidak asing bagi anda karena burung ini sangat di gemari para kicau mania. Burung prenjak kebun biasa juga di sebut cimblek kebon (cibon). Burung prenjak kebun memiliki ukuran sama dengan burung prenjak padi yaitu 10-15 cm. Dengan tubuh bagian atas berwarna hitam ke abu-abuan dengan ciri khas nya yaitu ada garis-garis berwarna putih di bagian sayapnya, tubuh bagian bawah berwarna kuning ada juga yang berwarna putih. Kalau tubuh bagian bawah putih di sebut dengan ciblek kristal. Burung prenjak kebun ini biasa tinggal di perkebunan, pegunungan, maupun di hutan. Makananya yaitu laba-laba kecil, ulat, serangga kecil. Burung prenjak kebun ini memiliki suara yang sangat keras yaitu "ciplek-ciplek", apalagi kalau ngebren sangat bagus sekali.

Sebenarnya pesan saya kepada anda semua adalah jangan mencari atau memulut burung prenjak atau burung lainya dengan berlebihan. Supaya apa? Supaya tetap ada populasi burung prenjak itu sendiri. Alangkah baiknya anda melestarikan burung prenjak dengan cara tidak berlebihan mengambil atau memulutnya. Anda bisa juga mengawinkan sendiri atau menternak untuk di ambil anaknya, tetapi butuh kesabaran yang sangat hebat.

Demikian dan terima kasih bagi anda semua yang berkenan membaca artikel ini tentang jenis-jenis burung prenjak dan contohnya. Semoga artikel ini sangat berguna dan bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan terutama bagi pemula-pemula kicau mania. Ikuti terus artikel lainya dari saya. Saya ucapkan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membedakan Burung Kolibri Sepah Raja Jantan dan Betina

Burung sepah raja nama yang unik seperti nama seoarang raja. Tapi ini burung lohya bukan orang yang mempunyai jabatan sebagai raja. Mungkin burung yang memiliki postur tubuh burung ini yang besar dari jenis-jenisnya, tetapi memiliki warna yang cantik dan menarik menjadikan alasan burung ini di namakan burung sepah raja. Burung yang cantik ini juga termasuk burung penghisap nektar lohya bukan penghisap darah. Burung sepah raja termasuk burung kolibri yang memiliki warna cantik, selain itu juga memiliki nyanyian yang sangat menarik dan sangat indah di dengarkan oleh telinga. Dengan kicaunya yang indah dan warna yang cantik itu membuat para pecinta kicauan burung memelihara burung ini. Selain ingin memelihara karena keindahanya suara dan warna bulunya buring ini juga bisa di buat masteran atau guru vokal untuk burung lainya. Untuk membedakannya mana yang jantan dan mana yang betina sebenarnya cukup mudah bila burung itu sendiri sudah menginjak usia dewasa. Dengan melihat warna bulu

Cara Membedakan Burung Kolibri Manggar Jantan dan Betina

Kolibri manggar juga punya nama lain yaitu kolibri kelapa. Nama kolibri kelapa di ambil karena burung kolibri manggar ini sering terlihat di pepohonan kelapa. Burung ini biasa tinggal di perkebunan kelapa, di pekarangan, dan di tepi-tepi hutan. Burung kolibri manggar biasa menghisap nektar atau madu sebagai makanan utamanya. Dan untuk makanan tambahan bisa dengan pisang, ulet kecil, maupun serangga kecil yang ada di pepohonan-pepohonan ia tinggal. Kalau anda ingin memelihara anda bisa mengganti nektar dengan air gula sebagai penggantinya. Untuk membedakannya sebenarnya cukup mudah, dengan melihat warnanya saja kita bisa membedakanya mana yang jantan dan mana yang betina untuk burung yang sudah dewasa. Sedangkan untuk yang masih muda dan anakan anda bisa melihat warna bulu maupun warna pangkal paruh yang oren atau merah pekat. Ciri-ciri kolibri manggar jantan: Warna kepala sampai punggung identik dengan warna hijau kebiruan dengan warna yang mengkilau. Paruh yang tebal dan

Cara Membedakan Burung King Konin Jantan dan Betina

Burung king konin atau king kolibri ninja ini sangat sudah sulit di temui karena sudah banyak sekali orang yang mengambil dari hutan yang cukup lumayan banyak. Untuk di jadikan peliharaan maupun untuk di jual kepada pengepul burung. Burung king konin terdapat di pulau sumatra dan kalimantan dimana di sana merupakan tempat tinggalnya yang masih banyak hutan dan masih alami. Dan burung ini tidak beda dengan kolibri lainya yaitu menghisap nektar atau madu. Selain menghisap madu atau nektar kalau anda mau memelihara anda bisa mengganti dengan air gula maupun air susu sebagai makanan pokoknya. Dan burung ini makan makanan tambahan seperti ulat kecil dan serangga kecil untuk memenuhi kebutuhannya. Ukuran burung king konin lebih besar dari kolibri ninja. Besarnya sekitar 13 cm seperti burung kolibri manggar. Burung ini memiliki suara yang bagus dan warna yang cantik untuk king konin jantan. Beda dengan king konin betina yang warnanya hijau atau abu-abu pudar. Maka dari itu saya akan me