Skip to main content

Jenis-Jenis Burung Kolibri

Di Indonesia terkenal dengan flora dan fauna yang sangat beragam dan sangat menarik untuk di ulas sebagai sarana pengetahuan masyarakat. Supaya kita mengetahui lebih dalam tentang flora fauna di Indonesia. Nah di sini kita akan membahas fauna atau satwa-satwa di Indonesia. Sebagai masyarakat yang cinta tanah air kita tidak lagi berjuang memerdekakan Indonesia dengan berperang. Sekarang cukup dengan hal kecil dahulu yaitu dengan melestarikan satwa-satwa di Indonesia. Supaya tidak punah dengan tidak membunuh ataupun memelihara satwa yang di lindungi.

Di sini sini kita akan membahas fauna di Indonesia yang sangat cantik. Cantik suaranya bahkan cantik warnanya yaitu burung kolibri. Warna burung ini sangat indah sekali untuk di lihat oleh mata. Warna yang beragam, warna-warni dan suara kicauan yang sangat bervariasi. Tak heran jika banyak penghobi burung kicau memelihara burung ini. Selain burung yang cantik dan di kagumi oleh penghobi burung kicau, burung ini sangat membantu tumbuhan-tumbuhan untuk melakukan penyerbukan.

Burung kolibri sangat luas penyebaranya di seluruh dunia, paling banyak di temui di hutan-hutan amazon dan Amerika Selatan. Menurut laporan ada lebih dari 300 spesies burung kolibri yang hidup di benua latin tersebut. Tetapi dalam pembahasan ini kita akan membahas burung kolibri yang di Indonesia antara lain sebagai berikut ini.

Burung kolibri manggar/kelapa:


Burung ini memiliki ciri khas dengan warna bulu yang menarik atau cantik. Dengan warna kepala dan punggungnya berwarna hijau kehitaman dang warna yang cerah (gilap), warna sayap hijau kecoklat-coklatan, dan warna tubuh bagian bawah berwarna kuning. Ukuran burung manggar ini lunayan besar sekitar 13 cm. Burung ini biasa hidup di perkebunan maupun di hutan dengan memakan serangga kecil, buah-buahan, dan nektar/madu.

Burung kolibri sepah raja:


Burung ini memiliki ciri khas dengan warna dahi berwarna ungu. Selain itu warna ekor ada warna birunya. warna kepala, punggung, leher, maupun dada berwarna merah menyala yang sangat menarik. Burung ini ukuranya bisa mencapai 13 cm. Burung ini hidup di hutan maupun perkebunan yang ada pepohonan berbunga. Sama dengan kolibri lainya burung ini memakan serangga kecil dan nektar.

Burung kolibri ninja:


Burung ini sangat di gemari oleh pecinta burung kicau. Meski badannya lebih kecil dari burung kolibri lainya burung ini memiliki ciri khas warna yang warna-warni dan sangat cantik yaitu dengan warna kepala hitam kehijaun gilap, leher berwarna ungu, dada berwarna merah, dan warna badan hitam kehijauan. Selain itu burung ini cukup mudah menirukan suara burung lain dan sangat bervariatif suara kicaunya. Burung kolibri ninja memakan serangga kecil,madu, mauapun nektar di pepohonan atau tumbuhan. Ukuran burung ini mencapai 8 cm.

Burung kolibri wulung/kaca:


Burung ini tidak kalah dengan burung kolibri lainya yaitu dengan warna yang cantik juga. Dengan warna leher berwarna oren, tubuh bagian bawah berwarna kuning, kepala dan punggung berwarna hitam kehijauan yang sangat cerah. Panjang paruh sampai ekor kira-kira 13 cm. Burung pemakan serangga,nektar, dan madu ini biasa hidup di perkebunan atau hutan. Selain memiliki warna yang eksotis burung kolibri ini juga memiliki suara yang cantik juga.

Burung king kolibri ninja:


King konin atau di sebut dengan madu bakau ini biasa tinggal di hutan mangrove, tepi hutan, maupun di rawa-rawa. King konin tersebar luas di Indonesia hingga mencapai 250 mdpl. King konin hampir sama dengan konin, perbedaanya ada di sayap bagian bawah berwarna kuning. Dan ukuranya lebih besar dari konin yaitu berukuran 13 cm.
Kolibri sriganti atau sogok ontong:


Kolibri sriganti atau di sebut dengan sogok ontong termasuk dalam burung penghisap nektar. Burung sriganti biasa tinggal di perkebunan, pekarangan rumah, maupun di tepi hutan. Burung sriganti memiliki tubuh yang kecil, sekitar 8-10 cm dan warna bulu bagian bawah berwarna kuning terang, bulu bagian sayap dan bulu bagian atas berwarna hijau kehitaman, di atas mata dan bawah mata memiliki alis berwarna kuning, dan di dagu atau lehernya berwarna ungu gilap.

Kolibri black sunbird (bs):


Burung ini cukup di minati dan harga lumayan tinggi sekarang. Burung yang hidup di tepi hutan, hutan mangrove ini memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu sekitar 11 cm. Burung ini cukup mudah di kenali yaitu dengan warna bulu yang hitam mengkilau, kepala atas hijau mengkilau, dan leher sampai pangkal sayapnya berwarna ungu mengkilau.


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang jenis-jenis burung kolibri yang saya ketahui. Dan semoga bisa membantu anda semua untuk mengetahui jenis burung kolibri di Indonesia. Lestarikanlah ciptaan tuhan yang sangat cantik ini supaya anak cucu kita bisa menikmati keindahanya. Dan jangan lupa baca terus artikel-artikel yang saya bagikan. Kalau ada kurang dan salahnya saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membedakan Burung Kolibri Sepah Raja Jantan dan Betina

Burung sepah raja nama yang unik seperti nama seoarang raja. Tapi ini burung lohya bukan orang yang mempunyai jabatan sebagai raja. Mungkin burung yang memiliki postur tubuh burung ini yang besar dari jenis-jenisnya, tetapi memiliki warna yang cantik dan menarik menjadikan alasan burung ini di namakan burung sepah raja. Burung yang cantik ini juga termasuk burung penghisap nektar lohya bukan penghisap darah. Burung sepah raja termasuk burung kolibri yang memiliki warna cantik, selain itu juga memiliki nyanyian yang sangat menarik dan sangat indah di dengarkan oleh telinga. Dengan kicaunya yang indah dan warna yang cantik itu membuat para pecinta kicauan burung memelihara burung ini. Selain ingin memelihara karena keindahanya suara dan warna bulunya buring ini juga bisa di buat masteran atau guru vokal untuk burung lainya. Untuk membedakannya mana yang jantan dan mana yang betina sebenarnya cukup mudah bila burung itu sendiri sudah menginjak usia dewasa. Dengan melihat warna bulu

Cara Membedakan Burung Kolibri Manggar Jantan dan Betina

Kolibri manggar juga punya nama lain yaitu kolibri kelapa. Nama kolibri kelapa di ambil karena burung kolibri manggar ini sering terlihat di pepohonan kelapa. Burung ini biasa tinggal di perkebunan kelapa, di pekarangan, dan di tepi-tepi hutan. Burung kolibri manggar biasa menghisap nektar atau madu sebagai makanan utamanya. Dan untuk makanan tambahan bisa dengan pisang, ulet kecil, maupun serangga kecil yang ada di pepohonan-pepohonan ia tinggal. Kalau anda ingin memelihara anda bisa mengganti nektar dengan air gula sebagai penggantinya. Untuk membedakannya sebenarnya cukup mudah, dengan melihat warnanya saja kita bisa membedakanya mana yang jantan dan mana yang betina untuk burung yang sudah dewasa. Sedangkan untuk yang masih muda dan anakan anda bisa melihat warna bulu maupun warna pangkal paruh yang oren atau merah pekat. Ciri-ciri kolibri manggar jantan: Warna kepala sampai punggung identik dengan warna hijau kebiruan dengan warna yang mengkilau. Paruh yang tebal dan

Cara Membedakan Burung King Konin Jantan dan Betina

Burung king konin atau king kolibri ninja ini sangat sudah sulit di temui karena sudah banyak sekali orang yang mengambil dari hutan yang cukup lumayan banyak. Untuk di jadikan peliharaan maupun untuk di jual kepada pengepul burung. Burung king konin terdapat di pulau sumatra dan kalimantan dimana di sana merupakan tempat tinggalnya yang masih banyak hutan dan masih alami. Dan burung ini tidak beda dengan kolibri lainya yaitu menghisap nektar atau madu. Selain menghisap madu atau nektar kalau anda mau memelihara anda bisa mengganti dengan air gula maupun air susu sebagai makanan pokoknya. Dan burung ini makan makanan tambahan seperti ulat kecil dan serangga kecil untuk memenuhi kebutuhannya. Ukuran burung king konin lebih besar dari kolibri ninja. Besarnya sekitar 13 cm seperti burung kolibri manggar. Burung ini memiliki suara yang bagus dan warna yang cantik untuk king konin jantan. Beda dengan king konin betina yang warnanya hijau atau abu-abu pudar. Maka dari itu saya akan me