Skip to main content

Cara Mudah Merawat Burung Kolibri


Burung kolibri adalah burung yang di minati oleh pecinta kicau burung. Warna bulu yang cantik dan suara indah yang membuat pecinta kicau burung memelihara burung kolibri ini. Dengan keindahanya ini membuat pecinta kicau burung berlomba untuk mendapatkan burung ini dengan membeli di pasar burung maupun mencari di hutan.

Sekarang banyak sekali orang yang memelihara burung kolibri ini. Baik pemula maupun yang sudah tahu burung ini. Sedangkan yang pemula saat memelihara burung kolibri dia sangat kebingungan untuk memeliharanya. Dan saat memelihara dia sangat kebingungan untuk mau mengasih makan apa. Sehingga membuat orang itu asal-asalan dalam mengasih makan.

Banyak pemelihara burung kolibri beranggapan kalau memelihara burung kolibri itu hal yang sulit. Itu salah besar, karena burung kolibri ini lebih mudah dari burung lainya. Burung ini di alam hanya memakan serangga kecil dan nektar atau madu. Dan di rumah anda bisa memberi dengan kroto, ulat kecil, air gula dan madu. Ada beberapa dasar untuk memelihara burung kolibri antara lain sebagai berikut.

Jenis pakan burung:
Dilihat dari tubuh dan paruhnya yang kecil panjang dan melengkung menandakan burung ini penghisap nektar. Menandakan burung ini pakan utamanya dalam bentuk cair. Contohnya anda bisa memberi air gula, susu kental manis, maupun madu. Untuk ekstra food nya atau makanan tambahan anda bisa memberi kroto dan ulat kandang.

Perawatan:
Yang pertama perawatan terhadap burung itu sendiri, yaitu dengan mengembunkan burung saat pagi hari, memandikan burung secara halus, dan penjemuran setelah di mandikan. Lakukan secara rutin dan konsisten, artinya tidak mengubah-ubah pola perawatanya.

Yang kedua perawatan untuk kandang dan tempat pakan si burung kolibri. Usahakan bersihkan kandang minimal 1 kali dalam sehari untuk menjaga kebersihan kandang. Karena burung kolibri menghisap nektar,madu atau susu jangan lupa tempat pakan burung usahakan bersih setiap hari agar tempat pakan burung selalu bersih dari kuman.

Penjinakan:
Untuk membuat burung ini mau bunyi usahakan burung kolibri jinak terlebih dahulu. Karena burung kalau sudah jinak pasti dia mau bunyi. Tujuan burung untuk jinak adalah supaya burung tidak takut kepada manusia. Penjinakan bisa di lakukan dengan memandikan burung setiap hari dan di jemur di tempat yang ramai. Lakukan setiap hari dan lakukan secara konsisten.

Tahap bunyi:
Setelah anda melakukan penjinakan pasti ada tahapan di mana burung melalui tahapan bunyi. Dari awalnya yang diam menjadi ngriwik malu-malu, dari yang ngriwik malu-malu menjadi ngriwik keras, setelah ngriwik keras burung akan bunyi atau ngeplong.

Dari tahapan di atas membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Butuh beberapa bulan atau maksimal 1 tahun untuk membuat burung menjadi gacor. Maka dari itu jangan tergesa-gesa untuk membuat burung menjadi bunyi, karena itu semua butuh tahapan-tahapan yang di lalui.

Selain itu saya akan memberikan cara-cara merawat harian burung kolibri antara lain sebagai berikut:

  • Jam 05:00 buka krodong burung dan embunkan burung kolibri di bawah pohon atau di teras agar terkesan seperti hidup di alam.
  • Jam 07:00 mandikan burung dengan semprotan seprai yang halus agar burung merasa nyaman. Setelah itu angin-anginkan burung di teras.
  • Jam 07:30 berikan burung makanan kesukaanya yaitu susu,madu dan ekstra food seperti kroto dan ulat kandang.
  • Jam 08:00 jemur burung untuk mendapatkan kehangatan cahaya matahari minimal 2 jam.
  • Jam 10:00 angkat burung dari penjemuran dan angin-anginkan burung di teras.
  • Jam 12:00 bisa di kerodong dan di masteri suara burung lain.
  • Jam 15:00 buka kerodong burung dan angin-anginkan di teras rumah.
  • Jam 17:00 anda bisa mengkrodong burung anda kembali dan di masukan ke dalam rumah.
  • Ulangi lagi dari awal.
Mungkin itu saja cara mudah merawat burung kolibri yang dapat saya sampaikan kepada anda. Semoga membantu dan bermanfaat bagi anda semua. Baca terus artikel-artikel yang saya bagikan dan jangan lupa bagikan kembali artikel ini. Kalau ada salah dan kurangnya saya minta maaf kepada anda semua. Sekian dan terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membedakan Burung Kolibri Sepah Raja Jantan dan Betina

Burung sepah raja nama yang unik seperti nama seoarang raja. Tapi ini burung lohya bukan orang yang mempunyai jabatan sebagai raja. Mungkin burung yang memiliki postur tubuh burung ini yang besar dari jenis-jenisnya, tetapi memiliki warna yang cantik dan menarik menjadikan alasan burung ini di namakan burung sepah raja. Burung yang cantik ini juga termasuk burung penghisap nektar lohya bukan penghisap darah. Burung sepah raja termasuk burung kolibri yang memiliki warna cantik, selain itu juga memiliki nyanyian yang sangat menarik dan sangat indah di dengarkan oleh telinga. Dengan kicaunya yang indah dan warna yang cantik itu membuat para pecinta kicauan burung memelihara burung ini. Selain ingin memelihara karena keindahanya suara dan warna bulunya buring ini juga bisa di buat masteran atau guru vokal untuk burung lainya. Untuk membedakannya mana yang jantan dan mana yang betina sebenarnya cukup mudah bila burung itu sendiri sudah menginjak usia dewasa. Dengan melihat warna bulu

Cara Membedakan Burung Kolibri Manggar Jantan dan Betina

Kolibri manggar juga punya nama lain yaitu kolibri kelapa. Nama kolibri kelapa di ambil karena burung kolibri manggar ini sering terlihat di pepohonan kelapa. Burung ini biasa tinggal di perkebunan kelapa, di pekarangan, dan di tepi-tepi hutan. Burung kolibri manggar biasa menghisap nektar atau madu sebagai makanan utamanya. Dan untuk makanan tambahan bisa dengan pisang, ulet kecil, maupun serangga kecil yang ada di pepohonan-pepohonan ia tinggal. Kalau anda ingin memelihara anda bisa mengganti nektar dengan air gula sebagai penggantinya. Untuk membedakannya sebenarnya cukup mudah, dengan melihat warnanya saja kita bisa membedakanya mana yang jantan dan mana yang betina untuk burung yang sudah dewasa. Sedangkan untuk yang masih muda dan anakan anda bisa melihat warna bulu maupun warna pangkal paruh yang oren atau merah pekat. Ciri-ciri kolibri manggar jantan: Warna kepala sampai punggung identik dengan warna hijau kebiruan dengan warna yang mengkilau. Paruh yang tebal dan

Cara Membedakan Burung King Konin Jantan dan Betina

Burung king konin atau king kolibri ninja ini sangat sudah sulit di temui karena sudah banyak sekali orang yang mengambil dari hutan yang cukup lumayan banyak. Untuk di jadikan peliharaan maupun untuk di jual kepada pengepul burung. Burung king konin terdapat di pulau sumatra dan kalimantan dimana di sana merupakan tempat tinggalnya yang masih banyak hutan dan masih alami. Dan burung ini tidak beda dengan kolibri lainya yaitu menghisap nektar atau madu. Selain menghisap madu atau nektar kalau anda mau memelihara anda bisa mengganti dengan air gula maupun air susu sebagai makanan pokoknya. Dan burung ini makan makanan tambahan seperti ulat kecil dan serangga kecil untuk memenuhi kebutuhannya. Ukuran burung king konin lebih besar dari kolibri ninja. Besarnya sekitar 13 cm seperti burung kolibri manggar. Burung ini memiliki suara yang bagus dan warna yang cantik untuk king konin jantan. Beda dengan king konin betina yang warnanya hijau atau abu-abu pudar. Maka dari itu saya akan me