Skip to main content

Cara Membedakan Burung Prenjak Padi atau Klik-Klik Jantan dan Betina

Burung prenjak padi bisa di sebut prenjak sawah ataupun klik-klik. Burung ini biasa tinggal di persawahan dan perkebunan. Burung prenjak padi biasa memakan serangga-serangga kecil ataupun ulat-ulat kecil. Kalau anda ingin memelihara burung prenjak padi anda bisa memberi makan dengan voer supaya lebih mudah dan tidak takut mati jika makanan yg tersedia seperti ulat dan serangga itu habis.

Anda bisa mencari sendiri burung prenjak padi ini dengan cara memulut ataupun pakai jaring di persawahan. Suara burung prenjak padi memiliki ciri khas yaitu dengan alis putih di atas matanya. Suara burung prenjak padi sangat bagus untuk masteran dengan suara yang ngeklik atau ngebren.

Langsung saja saya akan memberikan tips-tips mudah dan mendasar bagaimana cara membedakan burung prenjak padi jantan dan betina antara lain sebagai berikut.

Ciri burung prenjak padi jantan:
  • Paruh tebal dan ujung bawah paruh prenjak jantan berwarna hitam.
  • Kepala lebih besar dari betina dan ada beberapa helai bulu di atas kepalanya.
  • Postur badan relatif lebih panjang dan ramping.
  • Ekor lebih panjang dari betina.
  • Kaki cenderung berwarna coklat.
  • Kuku cenderung berwarna hitam.
  • Suara lebih keras dan bervariasi.

Ciri urung prenjak padi betina:

  • Paruh tipis dan berwarna putih polos di paruh bagian bawah.
  • Kepala lebih kecil dari jantan dan tidak ada sehelai bulu di kepala bagian atas.
  • Postur badan lebih gemuk dan pendek.
  • Ekor lebih pendek dari jantan.
  • Kaki cenderung berwarna coklat pudar.
  • Kuku cemderung berwarna hitam pudar.
  • Suara kecil dan monoton.
Cukup mudah bukan untuk membedakan burung prenjak padi mana yang jantan dan mana yang betina. Maka dari itu anda belajar lah sedikit demi sedikit karena semua itu butuh proses untuk mendapatkan sebuah pengalaman itu. Saya hanya bisa memberikan hal dasar untuk membedakan burung prenjak padi yang jantan dan yang betina.

Mungkin itu saja tips-tips dasar untuk membedakan burung prenjak padi jantan dan betina. Dan semoga membantu dan bermanfaat bagi anda semua. Baca terus artikel-artikel yang saya bagikan dan jangan lupa share kembali. Ada salah dan kurangnya saya mohon maaf kepada anda semua. Sekian dan terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membedakan Burung Kolibri Sepah Raja Jantan dan Betina

Burung sepah raja nama yang unik seperti nama seoarang raja. Tapi ini burung lohya bukan orang yang mempunyai jabatan sebagai raja. Mungkin burung yang memiliki postur tubuh burung ini yang besar dari jenis-jenisnya, tetapi memiliki warna yang cantik dan menarik menjadikan alasan burung ini di namakan burung sepah raja. Burung yang cantik ini juga termasuk burung penghisap nektar lohya bukan penghisap darah. Burung sepah raja termasuk burung kolibri yang memiliki warna cantik, selain itu juga memiliki nyanyian yang sangat menarik dan sangat indah di dengarkan oleh telinga. Dengan kicaunya yang indah dan warna yang cantik itu membuat para pecinta kicauan burung memelihara burung ini. Selain ingin memelihara karena keindahanya suara dan warna bulunya buring ini juga bisa di buat masteran atau guru vokal untuk burung lainya. Untuk membedakannya mana yang jantan dan mana yang betina sebenarnya cukup mudah bila burung itu sendiri sudah menginjak usia dewasa. Dengan melihat warna bulu

Cara Membedakan Burung Kolibri Manggar Jantan dan Betina

Kolibri manggar juga punya nama lain yaitu kolibri kelapa. Nama kolibri kelapa di ambil karena burung kolibri manggar ini sering terlihat di pepohonan kelapa. Burung ini biasa tinggal di perkebunan kelapa, di pekarangan, dan di tepi-tepi hutan. Burung kolibri manggar biasa menghisap nektar atau madu sebagai makanan utamanya. Dan untuk makanan tambahan bisa dengan pisang, ulet kecil, maupun serangga kecil yang ada di pepohonan-pepohonan ia tinggal. Kalau anda ingin memelihara anda bisa mengganti nektar dengan air gula sebagai penggantinya. Untuk membedakannya sebenarnya cukup mudah, dengan melihat warnanya saja kita bisa membedakanya mana yang jantan dan mana yang betina untuk burung yang sudah dewasa. Sedangkan untuk yang masih muda dan anakan anda bisa melihat warna bulu maupun warna pangkal paruh yang oren atau merah pekat. Ciri-ciri kolibri manggar jantan: Warna kepala sampai punggung identik dengan warna hijau kebiruan dengan warna yang mengkilau. Paruh yang tebal dan

Cara Membedakan Burung King Konin Jantan dan Betina

Burung king konin atau king kolibri ninja ini sangat sudah sulit di temui karena sudah banyak sekali orang yang mengambil dari hutan yang cukup lumayan banyak. Untuk di jadikan peliharaan maupun untuk di jual kepada pengepul burung. Burung king konin terdapat di pulau sumatra dan kalimantan dimana di sana merupakan tempat tinggalnya yang masih banyak hutan dan masih alami. Dan burung ini tidak beda dengan kolibri lainya yaitu menghisap nektar atau madu. Selain menghisap madu atau nektar kalau anda mau memelihara anda bisa mengganti dengan air gula maupun air susu sebagai makanan pokoknya. Dan burung ini makan makanan tambahan seperti ulat kecil dan serangga kecil untuk memenuhi kebutuhannya. Ukuran burung king konin lebih besar dari kolibri ninja. Besarnya sekitar 13 cm seperti burung kolibri manggar. Burung ini memiliki suara yang bagus dan warna yang cantik untuk king konin jantan. Beda dengan king konin betina yang warnanya hijau atau abu-abu pudar. Maka dari itu saya akan me